SMK Negeri 3 Pacitan kembali melaksanakan Penilaian Sumatif Tengah Semester (PSTS) Ganjil Tahun Pelajaran 2025/2026 dengan sistem online menggunakan aplikasi Android SKAGA-EXAM. Pelaksanaan ujian berlangsung selama lima hari, mulai tanggal 6 Oktober hingga 10 Oktober 2025, bertempat di ruang-ruang kelas dengan pengawasan langsung dari para guru.
PSTS tahun ini dibagi menjadi dua sesi setiap harinya. Sesi pertama diperuntukkan bagi peserta didik kelas X yang dimulai pukul 07.30 hingga 10.00 WIB, sedangkan sesi kedua diikuti oleh kelas XI pada pukul 10.00 hingga 12.00 WIB. Dengan pembagian jadwal tersebut, pelaksanaan ujian berjalan lebih tertib dan teratur.



Aplikasi SKAGA-EXAM menjadi sarana utama dalam pelaksanaan ujian kali ini. Aplikasi tersebut dirancang khusus untuk mendukung sistem penilaian berbasis digital dengan tingkat keamanan tinggi, sehingga mampu meminimalkan potensi kecurangan peserta selama ujian berlangsung. Siswa hanya dapat mengakses soal melalui aplikasi dan tidak dapat membuka aplikasi lain selama ujian.
Selama pelaksanaan PSTS, terdapat beberapa kendala teknis yang dihadapi. Beberapa siswa mengalami kesulitan dalam menginstal aplikasi SKAGA-EXAM di perangkat Android mereka. Namun, kendala tersebut segera diatasi dengan bantuan guru dan tim teknis yang siap memandu siswa hingga aplikasi terpasang dengan baik. Selain itu, sempat terjadi permasalahan jaringan internet yang kurang stabil, namun berkat koordinasi yang cepat dan kesiapan tim teknis, seluruh proses ujian dapat berjalan dengan lancar.
Skor Nilai PSTS juga bias langsung dilihat baik oleh murid, guru maupun orang tua siswa melalui link yang disediakan oleh sekolah melalui informasi terpusat di siskaga: https://wa.me/6285257696332/?text=skor+psts
Melalui pelaksanaan PSTS berbasis online ini, SMKN 3 Pacitan terus menunjukkan komitmennya dalam memanfaatkan teknologi digital untuk mendukung proses evaluasi pembelajaran. Inovasi ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi, objektivitas, serta menumbuhkan budaya jujur dan bertanggung jawab di kalangan peserta didik.
Penulis : Nardi N.