PARA PECINTA PRAMUKA BERSUA, MEMBARA DAN BANGKIT DI TRAWAS

Trawas adalah sebuah kecamatan yang letaknya di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Tepatnya berlokasi di 65 km sebelah selatan dari Kota Surabaya.
Menjadi tempat yang tak terlupakan dan membahagiakan bagi para Pembina gugus depan se Jawa timur. Ajang bertemu para pecinta pramuka, dimana mereka bisa saling menguatkan dan berbagi pengalaman dalam membesarkan organisasi kepramukaan di wilayah Jawa Timur.

Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Jawa timur menyelenggarakan workshop kepramukaan pada hari Rabu hingga kamis  tanggal 29 dan 30 Mei 2024. Workshop Kepramukaan ini dilaksanakan di Trawas Mojokerto. Peserta dalam kegiatan ini diikuti yaitu para guru/ Pembina pramuka utusan/ perwakilan dari Gugus Depan se provinsi jawa timur sejumlah kurang lebih 125 orang.

Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kabupaten Pacitan mengirimkan perwakilannya sejumlah 3 orang Pembina pramuka Gudep yaitu:

  1. Kak Arif Kurniawan, S.Pd.I dari Pangkalan SMK Negeri 3 Pacitan
  2. Kak Meri Dwi cahyaningrum dari Pangkalan SMA Negeri 2 Pacitan
  3. Kak Wisnu Irawan, S.Pd dari pangkalan SMK Negeri Ngadirojo

Berangkat dari pacitan pukul 01.00 Dini Hari, Alhamdulillah sampai dilokasi Hotel Arayana, Trawas Mojokerto pada pukul 07.00 WIB.

Dalam acara pembukaan, Wakil Ketua Bidang Gudep, Sako dan Korwil Kwartir Daerah jawa Timur  Kak Dr. Basuki Babussalam, SH., MH. membuka secara resmi kegiatan workshop kepramukaan ini dengan memakai Pakaian Pramuka lengkap  dan mengucapkan salam prmuka sebagai tanda dibukanya workshop.

Tujuan dilaksanakannya workshop ini yaitu untuk memberikan bekal pengetahuan dan pengalaman praktis Pembina pramuka melalui kepramukaan dalam satuan pasukan penggalang dan penegak. Meningkatkan kemampuan Pembina pramuka dalam melakukan pembinaan anggota pramuka di gugus depan masing-masing. Membina dan mengembangkan mental, fisik,intelektual, emosional dan social Pembina pramuka sehingga mampu berperan positif dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Serta pencapaian peningkatan akses, mutu dan kualitas Pembina pramuka di Provinsi jawa timur.

Dalam sambutannya Kak Dr. Basuki Babussalam, SH., MH  saat membuka workshop memberikan apresiasi dan acungan jempol Kamabigus dan Pembina Gudep yang telah menjadikan Pendidikan Kepramukaan Sebagai Kegiatan Ekskrakurikuler Wajib sebagaimana yang ditetapkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 63 Tahun 2014 tentang Pendidikan Kepramukaan sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Pemateri dalam workshop Pembina gugus Depan yang lain diantaranya adalah:

  1. Kak H. Mujtahidur Ridho selaku Wakil Ketua Bidang Gudep, Sako dan Korwil Kwarda Jatim.

Materi : GUGUS DEPAN IDEAL

  1. Kak Dr. Basuki Babussalam, SH., MH. Selaku Wakil Ketua Bidang Gudep, Sako dan Korwil Karda Jatim.

Materi : PENGEMBANGAN GUGUS DEPAN DI ERA DIGITAL

  1. Kak Binar Bintang Putra Ananta, S.Pd. selaku Andalan Daerah Urusan Gugus Depan Kwarda Jatim.

Materi : AKREDITASI GUGUS DEPAN

 

Selian para pemateri diatas workshop ini juga dipandu oleh kak M. Djian, S.Pd., M.Pd. selaku Andalan Daerah Urusan Korwil Kwarda Jatim dan dibantu oleh kakak-kakak DKD (Dewan Kerja Daerah) Jawatimur.

Dalam workshop ini juga disampaikan pentingnya akreditasi gudep dalam sebuah pangkalan pramuka. ”Gugus Depan (Gudep) Pramuka merupakan satuan pendidikan sekaligus satuan organisasi terdepan tempat para Pramuka melakukan latihan rutin/mingguan.” Kata kak Binar dalam materinya.

Akreditasi Gugus Depan adalah proses evaluasi dan penilaian secara komprehensif atas komitmen Gerakan Pramuka terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan program pendidikan kepramukaan, untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan. Menjamin gugus depan yang terakreditasi telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh Kwartir Nasional, sehingga mampu memberikan perlindungan bagi masyarakat dari penyelenggaraan pendidikan kepramukaan yang tidak memenuhi standar.

Kami,  rombongan perwakilan dari kwarcab Pacitan sampai dirumah kembali pada  hari kamis malam pada pukul 19.00 malam. Semoga workshop ini memberikan manfaat bagi Pembina gudep di pacitan khususnya bagi Gudep SMK Negeri 3 pacitan  dalam rangka mengembangkan dan membesarkan Organisasi kepramukaan disekolahnya secara benar dan terukur. Amin ya Robbal alaminn

 

Penulis : Kak ARIF KURNIAWAN, S.Pd.I (SMK Negeri 3 Pacitan)

Check Also

UPSKILLING DAN RESKILLING GURU KEJURUAN BERSTANDAR INDUSTRI (POLA LEMBAGA – MAGANG ANGKATAN 4)

Pada era industri 4.0 sekarang ini, perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan berbagai factor kehidupan lainnya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

X