RAMADHAN CAMP #4

Kamis 13 April 2023 atau bertepatan dengan 23 Ramadhan 1944 H, merupakan hari keempat pelaksanaan kegiatan Pondok Ramadhan yang dilaksanakan di SMKN 3 Pacitan. Pada hari keempat ini yang diikuti oleh kelas XI TKR 1, XI TKR 2, XI TKR 3, dan XI Kuliner 2, semangat dan antusias peserta didik masih tinggi. Kegiatan juga berjalan dengan lancar dan khidmat.

Rangkaian acara diawali dengan tadarus Al-Qur’an mulai juz 25 sampai dengan juz 2 yang diikuti oleh seluruh peserta didik. Kegiatan berlanjut ketika sudah masuk waktu berbuka, seluruh peserta didik beserta bapak ibu guru berbuka bersama menyantap takjil yang telah disediakan. Setelah berbuka, kemudian dilanjutkan dengan sholat maghrib berjama’ah, adapun yang bertindak sebagai Imam sholat maghrib adalah Bapak Arif Triyanto. Usai shalat maghrib berjama’ah, seluruh peserta didik melaksanakan buka bersama dengan hidangan yang telah disediakan. Suasana kebersamaan yang tercipta mampu menambah semangat dan juga rasa kekeluargaan sesama peserta didik. Setelah seluruhnya selesai berbuka, kegiatan diisi dengan tausiyah sembari menunggu waktu Isya’ oleh Bapak Ali Masy’ud. Poin penting dari isi tausiyah yang disampaikan diantaranya pentingnya sholat fardhu, beliau menyampaikan bahwa tujuan dari ibadah shalat adalah amar ma’ruf nahi munkar. Kemudian beliau mengutip penggalan Qs. Al- Ankabut ayat 45;

اِنَّ الصَّلٰوةَ تَنْهٰى عَنِ الْفَحْشَاۤءِ وَالْمُنْكَرِ

“Sesungguhnya sholat itu mencegah dari perbuatan keji dan munkar”…(Qs. Al Ankabut ayat 45)

Sholat yang didirikan secara berkesinambungan (istiqomah), khusyu’, tuma’ninah, dilakukan sesuai dengan tuntunan Allah dan Rasul dapat dipastikan(sesuai janji Allah) akan mencegah pelakunya dari perbuatan keji dan munkar karena kemampuannya dalam menerjemahkan nilai-nilai sholatnya. Seseorang yang memahami bahwa substansi sholat adalah dzikrullah (mengingat Allah) maka hatinya akan tenang, jiwanya bersih dan dirinya akan terpelihara dari perbuatan keji dan munkar. Bapak Ali Masy’ud juga mengingatkan bahwa sholat fardhu yang dulu di tinggalkan maka wajib untuk di qodho (diganti).

Kegiatan terakhir dari Pondok Ramadhan hari ini yaitu pelaksanaan shalat Isya’ dan Tarawih secara berjama’ah dengan Imam shalat Bapak Ali Masy’ud. Shalat berjalan dengan khusyu dan khidmat diikuti oleh seluruh peserta didik. Usai shalat Tarawih dilanjutkan dengan saling berjabat tangan dan foto bersama seluruh peserta didik, kemudian masing-masing peserta didik langsung pulang.

#writter _abdul_kholik

Check Also

KISAH INSPIRATIF ALUMNI DALAM KEGIATAN MPLS 2024

Kegiatan MPLS SMKN 3 Pacitan hari kedua ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena peserta …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

X