SERUNYA BELAJAR MENGOLAH COKLAT DI COKLAT MONGGO DAN TABLE MANNER DI HOTEL IBIS STYLE YOGYAKARTA

Hari selasa, 18 Juni 2024 sekolah SMKN 3 PACITAN

Mengadakan Kunjungan Industri ke Yogyakarta untuk kejuruan kuliner. Pemberangkatan dimulai dari pukul 05.15 WIB. Siswa siswi yang mengikuti kegiatan tersebut yaitu kelas X Kuliner 1 dan X Kuliner 2 serta beberapa guru pendamping. Kunjungan dilangsungkan selama satu hari. Lokasi yang menjadi tujuan kunjungan yaitu Coklat Monggo dan Hotel Ibis Yogyakarta

Tujuan pertama Coklat Monggo. Penyambutan dari staf coklat monggo sangat ramah dan baik. Siswa siswi yang berkunjung ke Coklat Monggo langsung di arahkan untuk mencoba membuat coklat monjoung. Disana kami membuat dan mencoba beberapa coklat yang ada di Coklat Monggo, setelah membuat coklat monjoung kami di arahkan ke museum coklat monjoung di pandu oleh Kak Aditya dan Kak Putri. Kak Aditya menceritakan dari awal perjalanan coklat monggo sampai saat ini. Dimulai dari awal mula  berdirinya Coklat Monggo, sejarah coklat, macam-macam rasa coklat, alat pengolahan, kami juga di perlihatkan pabrik pembuatan coklat monggo dan yang terakhir kami menikmati ice cream gelato. Indonesia pernah menempati ke-3 karena kurang kesadaran petani akan pentingnya kakao jadi berpindah ke budidaya lainya, dan juga di pengaruhi badai el lino yang mempengaruhi produksi kakao di dunia, rasa coklat sendiri berbeda-beda di setiap daerahnya. Cara unik jaman dulu untuk menetralisir rasa pahit dengan  menambahkan bubuk cabai. berdirinya Coklat Monggo pada tahun 2005, kata Monggo sendiri di artikan silahkan nama pemilik coklat monggo yaitu Pak Geri yang sudah di Yogya selama 58 tahun, hal unik yang berada di Coklat Monggo yaitu menggunakan  salah satu dari 4 wayang Punokawan untuk logo coklat monggo. Setelah selesai kami berpamitan dan diberikan coklat yang kami buat tadi.

Tujuan kedua adalah Hotel Ibis Style Yogjakarta. Ibis Styles sendiri merek hotel hemat Perancis yang dimiliki oleh Accor. Yang terletak di jantung kota Yogyakarta, hanya 5 menit berjalan kaki dari Jalan Malioboro. Kunjungan kami di sambut ramah oleh staf Hotel Ibis Style. Ada beberapa sambutan dari selaku Assisten Sales Manager dan sambutan kembali dari kepala sekolah SMKN 3 PACITAN. Acara yang pertama adalah table manner. Dimulai dari sisi paling kiri ada BnB plate dan BnB fork, BnB adalah Bread n Butter. Kemudian, terdapat dessert fork, fork untuk main course, napkin, butter knife, sendok sup, pisau untuk main course, dan di atas terdapat dessert spoon. Kak Ossa mengajari kita bagaimana cara memegang alat makan dengan benar, dan berbagai sikap yang benar dalam acara makan formal. Acara selanjutnya kita diajarkan membuat samosa oleh Chef Edi Ronadi. Kami diperbolehkan mencicipinya. Siswa siswi juga diajak untuk tour hotel di lantai satu yang dipandu oleh staf Hotel Ibis Style. Tour diawali dari lobi sebagai ruang tamu dan tempat check-in  bagi yang ingin menginap dihotel. Siswa siswi diperbolehkan masuk ke kitchen untuk melihat keadaan dipandu oleh Chef Edi Ronadi. Setelah tour selesai kami berpamitan dan berfoto bersama.

Sore hari, para siswa-siswi diberikan waktu bebas untuk berjalan-jalan dikawasan Malioboro  untuk berbelanja oleh oleh atau keperluan pribadi. Setelah dari Malioboro kegiatan kunjungan industri sudah usai, rombongan tour kembali ke Pacitan pada pukul 18.30 WIB. Diperjalanan pulang semua siswa siswi sangat bahagia dan ingin kembali ke Yogyakarta untuk mengunjungi tempat industri lain yang bekerja sama dengan SMKN 3 PACITAN. Perjalanan Yogyakarta – Pacitan kurang lebih 3 jam. Sampai disekolah pukul 23.30 WIB. Setelah sampai di sekolah siswa siswi diperbolehkan langsung pulang ke rumah masing- masing dan beristirahat.

 

 

#Writer_Finishia X kuliner 1

Check Also

KISAH INSPIRATIF ALUMNI DALAM KEGIATAN MPLS 2024

Kegiatan MPLS SMKN 3 Pacitan hari kedua ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena peserta …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

X