Smk Negeri 3 Pacitan Melaksanakan Workshop Implementasi Teaching Factory Sebagai Model Pembelajaran

SMK Negeri 3 Pacitan berusaha terus meningkatkan kompetensi lulusannya agar lulusannya semakin mampu bersaing dalam dunia usaha dan industri. Dalam rangka meningkatkan kompetensi lulusan tersebut dilakukan usaha peningkatan kualitas infrastruktur sebagai pendukung sarana dan prasarana belajar, sumber daya manusia sebagai pengelola proses pendidikan dan manajemen sekolah.

Sebagai bentuk upaya meningkatkan manajemen pembelajaran, SMKN 3 Pacitan mengadakan Workshop Implementasi Teaching Factory sebagai Model Pembelajaran yang dilangsungkan pada tanggal 12 – 15 Oktober 2019. Pelatihan ini diikuti oleh seluruh guru SMKN 3 Pacitan dengan nara sumber Drs. AR Hartono, MM. Pd. Workshop ini dibuka secara langsung oleh Dra. Nurul Lindawati, M. Pd. selaku Kepala Sekolah SMKN 3 Pacitan dan Drs. Heru Triyono, M. M. selaku Pengawas SMK di wilayah Kabupaten Pacitan.

Bentuk pembelajaran berbasis teaching factory menggabungkan pembelajaran teori dengan pendekatan berbasis produksi, yaitu usaha untuk menyinkronkan tuntutan dan standar pendidikan kejuruan dengan industri.

Produk dari pembelajaran Tefa adalah penguasaan kompetensi bagi peserta didik yang meliputi Attitude (Sikap), Knowledge (Pengetahuan) dan Skill (Keterampilan) untuk menghasilkan produk barang atau jasa yang dibutuhkan masyarakat (Marketable). Sedangkan kegiatan pembelajaran praktik Tefa dapat dilaksanakan di bengkel sekolah, Bengkel Unit Produksi atau di industri tempat siswa PKL sesuai jadwal pelajaran.

Oleh karena itu, perlu dilakukan perencanaan yang baik dengan melibatkan Industri dalam menentukan produk barang dan jasa. Perlu juga melakukan telaah kurikulum, pengembangan silabus, menyusun RPP, membuat job sheet dan mengatur jadwal pembelajaran. Berikutnya, mengatur ketercukupan waktu praktik bagi peserta didik dalam menyelesaikan tugas dan pekerjaan sesuai target, misalnya dengan menggunakan jadwal blok. Dengan begitu, pembelajaran Tefa dapat memberikan kontribusi yang besar terhadap penguasaan kompetensi.

Check Also

Bimbingan Teknis Pengisian Instrumen Penjaminan Mutu SMK Menuju Sekolah CoE oleh Pengawas

SMKN 3 Pacitan ditunjuk sebagai Sekolah Unggulan/Rujukan atau SMK CoE (Center of Excellent) pada tahun …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X