FESTIVAL ANGKRINGAN DALAM ENTREPRENEUR DAY PART 1

 

Menyelenggarakan sebuah event menjadi media belajar untuk melatih potensi diri bekerja dalam tim, mengelola keorganisasian, mengembangkan public speaking, sarana belajar manajemen waktu, serta mengasah keterampilan yang berkaitan dengan kompetensi keahlian siswa yaitu di bidang Kuliner. Event yang bertajuk Entrepreneur Day #Part 1 dengan tema Festival Angkringan ini merupakan tugas dalam mata pelajaran Projek Kreatif dan Kewirausahaan di semester genap, dalam tugas ini siswa dalam kelompok besar yakni sesuai kelasnya wajib membuat sebuah event dimana proses perencanaan, pemasaran, produksi hidangan hingga pelayanannya dikelola oleh siswa, guru pendamping dalam hal ini hanya memberi arahan kepada siswa.

Kegiatan yang dilaksanakan siswa XI Kuliner 1 ini menarik perhatian warga sekolah, bahkan alumni dan masyarakat umumpun menunjukkan minatnya, dibuktikan dengan banyaknya respon positif yang ditunjukkan melalui promosi yang dilakukan secara online. Selain itu, turut mengundang siswa beserta guru BK SMPN 2 Pacitan dan SMPN 3 Pacitan dalam rangka mengenalkan pembelajaran berbasis entrepreneurship di bidang Kuliner, khususnya di SMKN 3 Pacitan.

Para siswa SMP dan guru terlihat antusias ketika memasuki ruang Tata Hidang dimana Festival Angkringan diselenggarakan, ditambah lagi mereka mendapatkan gift berupa voucher yang bisa langsung ditukarkan dengan aneka hidangan khas Angkringan karya siswa siswi XI Kuliner 1, tampak antrian siswa di depan meja display hidangan, ada pula yang menunggu di depan booth (gerobak) live cooking. Selain hidangan-hidangan yang sudah siap saji, ada salah satu hidangan khas Angkringan yaitu aneka macam gorengan seperti pisang goreng, tela goreng, mendoan yang dimasak langsung di depan tamu, sehingga tamu dapat menikmati hidangan dalam keadaan masih hangat, ini yang menambah kenikmatan menyantap sajian khas angkringan di gemercik hujan pagi hari.

Semakin mendekati jam makan siang, area Festival semakin diramaikan oleh warga SMKN 3 Pacitan, baik Bapak Ibu Guru maupun siswa yang berbondong ingin membeli menu angkringan tersebut. Para siswa XI Kuliner 1 sangat senang melihat atensi pengunjung di event yang pertama kali mereka buat ini. Semoga kegiatan ini selalu mendapat dukungan dan apresiasi dari semua pihak, untuk bisa mengenalkan pembelajaran Kuliner ke luar sekolah. Sampai jumpa di Entrepreneur Day part selanjutnya….

 

#writer_Anggrita

Check Also

UPSKILLING DAN RESKILLING GURU KEJURUAN BERSTANDAR INDUSTRI (POLA LEMBAGA – MAGANG ANGKATAN 4)

Pada era industri 4.0 sekarang ini, perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan berbagai factor kehidupan lainnya …

4 comments

  1. Terus bergerak untuk melihat dunia luar

  2. saya mewakili teman ” berbicara kenapa pihak sekolah setiap ada pembangunan gedung masjid dll sangat antusias? Sedangkan kami siswa Siwa lain juga ingin di fasilitasi ekstra yang aktif seperti futsal,volly ,sepak bola kenapa berlatih hanya ketika ada turnamen saja itu adalah salah satu ketidak nyamanan siswa di sekolah. Bukan itu saja masalah rambut kenapa harus di potong secara paksa ? Apakan panjang tidak bisa rapi bisa pkbu kenapa harus di potong? Jika ada sekali lagi pemotongan rambut secara paksa dan tidak benar kami siswa siswi siap melapor ke pihak tertentu dan di kenakan pasal yang berlaku , dan kenapa siswa banyak yang mbolos JM pilajaran dll ya karna sekolah tidak memberikan kenyamanan bagi siswa” dan pihak sekolah hanya mementingkan yang baginya penting tapi tidak dengan siswanya yang kurang kegiatan aktif seperti acara”yang melibatkan semua siswa seperti sekolah sekolah lain karna itu jika ada kegiatan seperti itu secara rutin siswa pasti lebih kompak dan nyaman di sekolah sekian terimakasih saran dan kritik mewakili teman”saya🙏🙏

  3. Lanjutkan untuk terus berkarya, sukses untuk semuanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

X