Sosialisasi Program Roots Indonesia

Perlindungan anak, khususnya pencegahan perundungan mendapatkan perhatian nasional, sebagaimana tercantum pada RPJMN2020-2024 serta Permendikbud 82/2015 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Kekerasan di Satuan Pendidikan. Pencegahan kekerasan juga menjadi salah satu nilai yang didorong dalam upaya penguatan karakter siswa didik melalui promosi profil Pelajar Pancasila.

Dalam Permendikbud 82/2015 tercantum peran satuan pendidikan (sekolah) dalam mencegah dan menanggulangi kekerasan disatuan pendidikan, beberapa diantaranya adalah melaksanakan kegiatan pencegahan perundungan dan membentuk tim di sekolah yang bertugas untuk menanggulangi kekerasan.

Perundungan merupakan salah satu bentuk kekerasan terhadap anak. Data terkini menunjukkan sekitar 41 persen siswa di Indonesia berusia 15 tahun mengalami perundungan di sekolah (PISA, 2018). Bentuk perundungan beragam yang dialami anak Indonesia, seperti secara fisik, emosional, seksual, maupun relasional dan di ranah daring. Perundungan menimbulkan dampak negatif pada anak, seperti pada pembelajaran, kesehatan mental, fisik, serta seksual, hingga kesejahteraan anak di masa depan.

Berbagai data dan bukti menunjukkan bahwa pencegahan perundungan dapat bekerja secara efektif jika dilakukan di tingkatsekolah. Pedoman WHO (2020) pencegahan kekerasan di sekolah menekankan pentingnya pendekatan seluruh komponen sekolah (whole school approach) dalam pencegahan kekerasan, dengan melibatkan siswa, guru dan tenaga kependidikan, orang tua, serta masyarakat.
Pelaksanaan program Roots ini di laksanakan di jenjang SMO, SMA dan SMK yang masuk ke dalam sekolah penggerak.

SMKN 3 Pacitan sebagai salah satu Sekolah Penggerak berusaha untuk membumikan gerakan ini dengan melaksanakan sosialisasi dan pelatihan bagi 30 agen perubahan yg terpilih berdasarkan hasil survey U-Report pada tanggal 20 September 2021,di Ruang Hijau SMKN 3 Pacitan..

Selamat dan sukses kepada semua *Agen Perubahan*
Mari kita tebar perilaku positif di lingkungan kita… Karena kita kita mampu, karenakita harus mau..
Semangat guyss..

Check Also

Sosialisasi Mitigasi Bencana oleh BPBD Kabupaten Pacitan

Mahasiswa Praktek Kerja Lapangan atau sering disebut dengan PKL Kelompok 5 STKIP PGRI Pacitan melaksanakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X