WORKSHOP RTL UPSKILLING DAN RESKILLING DALAM KEMASAN MENYENANGKAN

Di pagi yang cerah ini, tanggal 8 September 2023, Ruang Tata Hidang terdengar riuh, suara Bapak Ibu bernyanyi dan berdendang bersama sebelum memulai kegiatannya. Karaoke bersama menjadi pemantik untuk membakar semangat Bapak Ibu guru yang akan mengikuti workshop pada hari ini. Ya, hari ini SMK Negeri 3 Pacitan menyelenggarakan Workshop RTL Upskilling dan Reskilling. Kegiatan ini diikuti oleh sebagian besar Bapak Ibu Guru SMK Negeri 3 Pacitan. Pelaksanaan workshop pagi ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dalam peningkatan kompetensi guru dan tenaga kependidikan agar selaras dengan dunia kerja.

  BBPPMPV Bisnis dan Pariwisata Depok Jawa Barat hadir di SMK Negeri 3 Pacitan membersamai 70 GTK untuk peningkatan mutu sekolah dengan menghadirkan Renny Trisnawati, S.Pd., M.Pd. Kegiatan pelatihan dibuka oleh Ibu Indiyah Nurhayati, M.Pd selaku Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Pacitan yang menyampaikan kebijakan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dengan penampilannya yang menghibur. Selain itu terkait dengan apa yang sebaiknya dilakukan oleh seorang guru beliau juga menyatakan “jadilah guru yang bisa dirindukan siswanya di kelas dengan mengenali karakter para siswa di era sekarang dengan pendekatan pembelajaran yang menarik serta jangan lupa untuk bahagia”. Beliau suka memberikan apresiasi siswa dan guru SMK PK, SMKN 3 Pacitan cen istimewa.

Beranjak pada sesi materi, Ibu Renny Trisnawati, S.Pd., M. Pd., dari BBPPMPV Bisnis dan Pariwisata menjelaskan tentang strategi pelaksanaan Upskilling dan Reskilling tahun 2023, dimana sasaran peserta sebanyak 2440 dengan metode blended learning. meliputi Penguatan Materi (daring) 21 JP, Penguatan Industri (daring) 18 JP dan Magang Industri 90 JP + Sertifikasi Industri 20 JP.  Magang guru ini merupakan bentuk upskilling seperti yang dilakukan oleh Ibu Sapta Rahayu, S.Pd dari Bidang Keahlian Tata Boga yang mengikuti magang guru program BBPPMPV Bisnis dan Pariwisata di tahun 2023 ini.   Dari pelaksanaan magang tersebut, para peserta dihimbau untuk membuat Rencana Tindak Lanjut  baik segi kompetensi maupun soft skill yang bisa dilakukan dalam bentuk desiminasi atau teaching project. Beliau juga memaparkan harapan BBPPMPV Bisnis dan Pariwisata terhadap para peserta Upskilling dan Reskilling untuk juga memanfaatkan platform merdeka mengajar dengan mengunggah video hasil teaching project maupun video pelaksanaan magang di Industri.

Selain memaparkan program Upskilling dan Reskilling, narasumber Ibu Renny Trisnawati, juga menyampaikan format Rencana Tindak Lanjut yang harus disusun dan diselesaikan oleh peserta workshop. Dalam format RTL yang telah disampaikan, peserta workshop harus melengkapi format yang meliputi Rencana Kegiatan, Tujuan, Indikator Keberhasilan, Sasaran, Waktu Pelaksanaan serta Pihak yang terkait dalam RTL tersebut. Kegiatan workshop ini dilaksanakan mulai tanggal 7 – 9 September 2023.

 

 

 

#Writter_ Joko Karyono & Anggrita

Check Also

KISAH INSPIRATIF ALUMNI DALAM KEGIATAN MPLS 2024

Kegiatan MPLS SMKN 3 Pacitan hari kedua ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena peserta …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

X