MEMERIAHKAN LOMBA MADING 3D DALAM RANGKA MEMPERINGATI HARI LAHIR PANCASILA

Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila 2024, Museum dan Galeri SBY*ANI mengadakan lomba Majalah Dinding  3 Dimensi tingkat SMA/SMK/MA sederajat Se-kabupaten Pacitan dengan Tema “Mewujudkan Generasi Muda Hebal Berwawasan Pancasila”. Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan karakter Profil Pelajar Pancasila di Fase E dan F SMA/SMK/MA sederajat se- Kabupaten Pacitan. Lomba mading ini dilakukan pada tanggal 8 Juni 2024 di  ruang AUDITORIUM Museum dan Galeri SBYI*ANI. Terdapat  36 tim peserta dari sekolah tingkat SMA/SMK/MA sederajat yang mengikuti kegiatan ini. Dalam kegiatan lomba Mading ini SMKN 3 PACITAN mengirimkan 2 tim peserta diantaranya timI terdiri Tyas, Firma, Widya sedangkan  tim 2terdiri Fathan, Hanung, Victo

Kegiatan ini dibuka langsung oleh   Direktur Administrasi Museum dan Galeri SBY*ANI pukul 08.35-09.00. Untuk proses perakitan/pemasangan mading 3D yang sudah disiapkan oleh peserta masing-masing sekolah dimulai pukul 09.00 hingga pukul 11.00 tanpa didampingi langsung oleh pembimbing dari sekolahnya, karena pendamping dilarang masuk ke ruang lomba. Menurut cerita peserta selama proses pemasangan mading juri sudah memantau kerja sama antar tim. Selama proses kegiatan tersebut peserta juga sudah mendapat berbagia pertanyaan terkait isi dan tema mading masing-masing tim. Sedangkan, untuk seluruh pendamping diberi kesempatan untuk berkeliling di museum selama kegiatan lomba berlangsung agar tidak mengganggu kegiatan lomba.

Tanpa terasa waktu 2 jam telah terlewati, peserta lomba telah selesai proses perakitan/pemasangan mading. Akan tetapi, pendamping belum boleh memasuki ruang lomba hingga 1,5 jam mendatang, karena selama kurang lebih 1,5 jam tersebut hasil mading peserta dinilai oleh juri. Karena rasa penasaran para pendamping untuk mengetahui hasil mading peserta, banyak pendamping yang menunggu di depan pintu ruang auditorium meski harus berdiri bahkan ada yang sambil duduk/berselonjor di lantai. Hingga pada akhirnya pintu dibuka oleh panitia untuk memanggil perwakilan pendamping dari masing-masing tim untuk mengantar makan siang peserta. Setelah itu, selama kurang lebih 1 jam peserta dan pendamping diberi kesempatan untuk ISHOMA.

ISHOMA telah selesai pendamping diperbolehkan masuk ruang lomba agar bisa menyaksikan pengumuman hasil lomba perakitan/pemasangan mading tersebut. Untuk mengisi waktu, para peserta dan pendamping sebelum pengumuman panitia sedikit memberi hiburan menyanyi atau lainnya. Sekitar setengah jam menyaksikan hiburan dari panitia bahkan ada beberapa peserta yang menyumbang hiburan.

Semangat dan kerja keras tim SMKN 3 PACITAN sangat luar biasa walaupun bersamaan dengan kegiatan Ulangan akhir semerter. Untuk lomba yel-yel kedua tim dari SMKN 3 PACITAN sudah menampilkan kreasinya dengan sangat memuaskan dan menurut pandangan kami kostum yang dipakai juga sudah unik. Anak-anak sudah merasa puas dengan penampilannya. Disela-sela lomba yel-yel peserta dari SMKN 3 PACITAN atas nama Hanung juga ikut menghibur para hadirin yang berada di ruang lomba dengan menyayikan sebuah lagu di atas panggung kreasi.

Tiba saatnya pengumuman tim SMKN 3 Pacitan belum mendapat prestasi sesuai harapan pada babak penyisihan maupun kategori lainnya.Tetapi, anak-anak tetap kami beri motivasi mendapatkan pengalaman itulah yang paling berharga, melatih mental dan mengasah kemampaun. Setiap kegiatan lomba dalam bentuk apapun pasti ada yang beruntung dan ada yang belum beruntung, karena yang terpenting dalam hal ini anak-anak sudah berproses apapun hasilnya harus tetap kami syukuri.

#Writer_ ENDAH S. Pd

Check Also

MATARAMAN KONVERSI MOTOR LISTRIK

Partisipasi Tim TSM SMKN 3 Pacitan dalam Kegiatan Mataraman Konversi Motor Listrik SMKN 3 Pacitan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

X