UPSKILLING DAN RESKILLING GURU KEJURUAN BERSTANDAR INDUSTRI (POLA LEMBAGA – MAGANG ANGKATAN 4)

Pada era industri 4.0 sekarang ini, perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan berbagai factor kehidupan lainnya telah banyak mengubah kondisi sosial budaya masyarakat, termasuk berbagai perubahan di dunia kerja. Kondisi yang dinamis tersebut perlu direspon dengan baik oleh para pendidik SMK. Respon yang baik tersebut diharapkan mampu menghantarkan peserta didik dalam mengembangkan dirinya, sehingga mereka siap untuk menghadapi dan menyesuaikan dengan tuntutan perkembangan yang terjadi.

Guru SMK perlu terus mengupayakan agar kompetensi professional yang dimiliki  dapat mengikuti perkembangan teknologi dan pemanfaatannya di dunia kerja. Dengan demikian, pendidikan yang dikelola akan tetap relevan dan memenuhi kebutuhan masyarakat.

Sehubungan dengan hal tersebut, SMK Negeri 3 Pacitan mendapatkan kesempatan untuk mengirimkan satu orang guru sebagai peserta kegiatan Upskilling dan Reskilling Guru Kejuruan Berstandar Industri Pola Lembaga – Magang yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi melalui UPT Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Otomotif dan Elektronika (BBPPMPV BOE) Malang. Kegiatan ini dilaksanakan selama 24 hari efektif setara 214 JP tanggal 2 Mei sampai dengan 31 Mei 2024 dengan tahapan pelatihan Daring, Luring di BBPPMPV BOE dan Mitra Industri.

Jumlah peserta 15 orang dalam satu angkatan, yang terdiri dari berbagai provinsi seluruh Indonesia. Untuk Provinsi Jawa Timur diwakili oleh tiga orang, SMKN3 Pacitan, SMK PGRI 3 Malang, dan SMKN 3 Rejotangan Tulungagung. Dengan materi dasar kompetensi elektronika era digital saat ini. Untuk Luring, minggu pertama peserta diberi materi dasar elektronika, pengukuran, dan perakitan dasar. Sedang materi minggu kedua tentang: Prototype Hardware Design, Embedded System Programming, dan Fault Finding & Repair. Dengan materi yang berat dan jadwal diklat yang padat, di awal ada keengganan bagi kami yang berusia 50 tahun keatas. Tapi ini justru menyadarkan kita bahwa belajar pun butuh keberanian. Terimakasih pada BBPPMPV-BOE Malang, kesempatan ini, menjadi letupan bagi kami untuk terus belajar. Menghadapi bahasa pemrograman yang kami sebut bahasa planet digital, dan komponen SMD yang kami sebut komponen gurem, nyatanya semua peserta diklat melaluinya dengan lancar. Dengan tingkat kesulitan dan cakupan materi yang lumayan banyak, serta waktu yang singkat. Seperti dicekoki pengetahuan dan praktek, yang ditelan tanpa sempat mengunyah. Walau nantinya akan banyak yang diulang untuk penguasaannya, tapi nyatanya, kami dapat mempraktekkan pelajaran itu pada saat magang yang dibuktikan dengan laporan yang berisi semua yang diajarkan di BBPPMPV-BOE Malang.

#Writer_ SHAF INDRIATOMO S. Pd

Check Also

MATARAMAN KONVERSI MOTOR LISTRIK

Partisipasi Tim TSM SMKN 3 Pacitan dalam Kegiatan Mataraman Konversi Motor Listrik SMKN 3 Pacitan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

X