PRODUK PASTRY DAN BAKERY UNIT PRODUKSI TATA BOGA MENUJU SERTIFIKAT HALAL

Dipenghujung bulan Januari 2023 tepatnya hari Selasa tanggal 31 Januari 2023  di iringi  guyuran hujan dan angin kencang, kami Kompetensi Keahlian Kuliner menerima kedatangan tamu dari  Lembaga Halal Center Cendekia Muslim yaitu Ibu Rina Setiyowati, SE. Beliau bertugas sebagai pendamping proses produk halal, mendampingi para UMKM mikro kecil menengah untuk mendapatkan legalitas halal dari produk yang dihasilkan.

Kesempatan ini tidak kami sia siakan untuk menghalalkan produk yang di buat oleh Unit Produksi Tata Boga /Kuliner agar semakin menyakinkan masyarakat bahwa produk kami layak bersaing dengan produk UMKM dan tentu saja tidak meragukan atau aman dikonsumsi.

 

Pendaftaran sertivikat halal ini merupakan langkah kedua setelah kita mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB) untuk Perizinan Berusaha Berbasis Resiko yang dikeluarkan oleh Menteri Investasi / Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal.

Berkat dukungan dan arahan dari alumni Tata Boga tahun 2018 mas Wisnu Dwi Prabowo yang telah sukses mengembangkan usahanya dibidang kuliner, maka kami tergerak juga untuk mendapatkan serivikat halal untuk produk Pastry dan Bakery.

 

Produk yang kami daftarkan yaitu:

  1. Kue kering : Nastar Keju, Nastar Keranjang, Putri Salju, Chochochip, Kastengel, Tumbrint, Kue Glazur.
  2. Lapis Telo dengan varian rasa Original, Coklat dan Keju
  3. Roti manis dengan varian isi pisang, coklat.

Menurut keterangan bu Rina, Kelompok produk Makanan, Minuman dan Jamu harus sudah bersertifikat Halal sebelum 17 Oktober 2024. Dan jikalau belum bersertivikat dan beredar di masyarakat, akan ada sanksinya sesuai PP no 39 Tahun 2021. Apalagi program Sertivikat saat ini gratis.  Maka dari itu,sekaligus tadi juga mensosalisasikan ke siswa Kuliner yang sudah merintis usaha untuk mendaftarkan usahanya. Ada beberapa siswa yang mendaftar antara lain Abel Hadika Rahma kelas XII Tata Boga 1 yang mendaftarkan usahanya berupa Bento Cake/ Cake Ulang Tahun. Aprinia Prihardini kelas XI Kuliner 1 mendaftarkan usaha Risol Mayo, Marvin kelas XI Kuliner 1  dengan usaha kue Pokisnya dan Elza mendaftarkan usaha Piscok dan Risol Mayo.

Untuk siswa yang lainnya mungkin di lain kesempatan akan kami sosialisakan karena sertivikat halal ini sangat bermanfaat untuk pelaku usaha di bidang kuliner. Persyaratannya cukup mudah hanya bermodalkan KTP dan foto produk yang terkemas rapi.

 

Semoga dengan pendaftaran sertivikat halal untuk produk Pastry Bakery Unit Produksi Tata Boga / Kuliner bisa diikuti oleh kompetensi yang lain sehingga bisa membrandingkan Produk Unggulan SMKN 3 Pacitan.

 

 

#writer_Suci N

Check Also

KISAH INSPIRATIF ALUMNI DALAM KEGIATAN MPLS 2024

Kegiatan MPLS SMKN 3 Pacitan hari kedua ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena peserta …

4 comments

  1. Berkat dukungan smkn 3 pacitan

  2. Terus bergerak untuk melihat dunia luar…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

X