KUNJUNGAN IMPACTS DI SMKN 3 PACITAN

Rabu, 10 Januari 2024 bertempat di aula SMKN 3 Pacitan dilaksanakan kegiatan Impact Goes to School oleh Ikatan Mahasiswa Pacitan di Surabaya (IMPACTS). Mereka melakukan kunjungan ke Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Pacitan dengan tujuan memperkenalkan berbagai tempat perkuliahan, biaya, dan program studi yang ada di Surabaya.

Selama kunjungan, agenda mereka diantaranya memperkenalkan tempat-tempat kuliah yang ada di Surabaya kepada siswa kelas XII, seperti Universitas Airlangga (UNAIR), Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Universitas Pembangunan Nasional Surabaya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dan masih banyak lagi. Mereka juga membahas berbagai macam biaya pendidikan, mulai dari jenjang pendidikan diploma (D3), sarjana (S1), magister (S2), hingga doktoral (S3), serta berbagai lokasi kuliah di Surabaya. Selain itu, mereka juga berbagi informasi mengenai kisaran biaya hidup di Surabaya termasuk biaya kost, biaya makan dan ongkos kendaraan umum jika kuliah di Surabaya. Informasi yang menarik tersebut disampaikan dengan jelas adalah kakak-kakak dari Universitas Negeri Surabaya (UNESA), antara lain kak Yanti Aisya, kak Karina, kak Tasya dan kak Aielen.

Dalam kegiatan tersebut, IMPACT SURABAYA melakukan ice breaking agar para siswa tidak merasa bosan. Ice breaking tersebut bertujuan selain melatih kefokusan siswa, juga melatih siswa agar berpikir untuk kedepannya agar tidak bimbang antara mau bekerja, kuliah atau berwirausaha.

Sebelum acara ditutup, team IMPACTS membuka sesi tanya jawab untuk beberapa penanya. Pertanyaan yang diajukan diantaranya:

1.Apakah di Surabaya ada Perguruan Tinggi yang menyediakan kelas karyawan? Dan jika mahasiswa mendapatkan beasiswa, apakah kuliahnya bisa sambil bekerja? (Zahwa, XII DPB)

2.Apa kesulitannya jika berkuliah di jurusan TI? Dijurusan TI apa saja materi kuliah yang didapatkan? (Shofiana, XII Kuliner 2)

Jawaban tersebut kemudian dijawab oleh team IMPACT SURABAYA:

1.Kelas karyawan ada tapi tidak banyak di Surabaya. Perguruan Tinggi swastalah yang biasanya menyediakan dan itupun tidak semua kampus swasta memilikinya. Jika mendapatkan beasiswa, mahasiswa biasanya tidak diperbolehkan sambil bekerja. Tapi jika ingin mencari kelas karyawan sesuai kriteria, bisa mendaftar di UT agar bekerja dan kuliah bisa berjalan beriringan.

2.Tidak sulit sama sekali. Mata kuliahnya ada matakuliah umum seperti matematika, bahasa Inggris dll. Sedang mata kuliah khusus salah satu tugasnya seperti membuat aplikasi, contoh nya Mobile Legends dan lain sebagainya.

Acara kemudian ditutup dengan sesi foto bersama dan penyerahan reward kepada siswa yang bertanya.

#Writer_ Zahwa, XII DPB

Check Also

PROFIL PPPK SONY DARMAWAN ST.

Perjalanan menuju smkn 3 Pacitan Saya Sony Darmawan, lahir tahun 1978, karir saya sebagai guru …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

X