LATIHAN GABUNGAN LOMBA LINTAS MEDAN (LLM) DI SMKN 2 PACITAN: PENGALAMAN DAN PEMBELAJARAN BERHARGA

Pada tanggal 24-25 Juni 2024, SMKN 2 Pacitan menyelenggarakan acara Latihan Gabungan Lomba Lintas Medan (LLM) yang melibatkan tujuh kontingen dari berbagai sekolah. Sekolah-sekolah yang turut serta dalam kegiatan ini adalah SMKN 1 Pacitan, SMKN 3 Pacitan, SMKN Kebonagung, SMKN 1 Donorojo, SMKN Pringkuku, dan MAN Pacitan, dengan SMKN 2 Pacitan sebagai tuan rumah.

Kegiatan ini dimulai tepat pukul 13.00 WIB dan dibuka secara resmi oleh Ibu Endang Sumiati, Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan SMKN 2 Pacitan. Dalam sambutannya, Ibu Endang menekankan pentingnya latihan gabungan ini dalam meningkatkan keterampilan, kerjasama, dan kesiapsiagaan para siswa dalam menghadapi berbagai situasi medan yang menantang.

Pada hari pertama, peserta mendapatkan materi berharga tentang evakuasi korban dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Selain itu, mereka juga mendapatkan pelatihan pertolongan pertama yang sangat penting dalam situasi darurat. Materi ini disampaikan dengan sangat baik oleh para instruktur, sehingga peserta dapat memahami dan mengaplikasikannya dengan efektif.

Hari kedua diisi dengan kegiatan simulasi Lomba Lintas Medan dan evakuasi korban. Para peserta dikenalkan dengan berbagai medan yang sulit dijangkau dan menantang, seperti menyusuri sungai, naik turun tanggul, dan mengevakuasi korban ke ambulans. Latihan ini tidak hanya menguji keterampilan fisik dan mental para peserta, tetapi juga mengajarkan mereka bagaimana bekerja sama dalam tim dan mengambil keputusan cepat dalam situasi darurat.

Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan penuh antusiasme. Pada akhir acara, semua peserta dan panitia berkumpul untuk sesi foto bersama dan pemberian plakat sebagai kenang-kenangan. Momen ini menjadi penutup yang manis dari dua hari yang penuh dengan pengalaman dan pembelajaran berharga.

Latihan Gabungan Lomba Lintas Medan di SMKN 2 Pacitan ini bukan hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga menjadi sarana pembelajaran yang mendalam bagi para siswa. Mereka tidak hanya belajar tentang teknik dan strategi evakuasi dan pertolongan pertama, tetapi juga tentang pentingnya kerja sama, ketangguhan, dan kesiapsiagaan dalam menghadapi tantangan di lapangan. Kegiatan ini diharapkan dapat terus dilakukan di masa mendatang dengan melibatkan lebih banyak sekolah untuk memperluas jangkauan manfaatnya.

#Writer_ PMR Wira Unit SMKN 3 Pacitan

Check Also

KISAH INSPIRATIF ALUMNI DALAM KEGIATAN MPLS 2024

Kegiatan MPLS SMKN 3 Pacitan hari kedua ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena peserta …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

X